Batch 1 KonMari Indonesia



Pada tanggal 14 Oktober saya mencoba membuat WA grup dan disebar ke beberapa teman. Saya kira peminatnya hanya puluhan orang. Ternyata dala msekejap sudah full 256 anggota dan meminta dibuatkan grup lagi hingga total ada 3 grup FULL.

Saya tidak menyangka jika ada lebih dari 750 peserta yang masuk kedalam grup. Akhirnya kelas dimulai dari tanggal 14 Oktober hingga 14 November. Di kelas ini kita murni membahas buku pertama KonMari. Materi dibreakdown agar mudah dipraktikkan. Alhamdulillah yang mengikuti dengan serius bisa mengubah diri dan merambah ke keluarganya.

Sebenarnya banyak metode declutter bahkan sebelum adanya Marie Kondo membuat metode berdasar pengalamannya itu, Jepang sudah terkenal dengan prinsip kaizen mereka. Setelah saya baca prinsip Kaizen melalui literatur khusus, ternyata Jepang mengadopsi dari Barat. Namun mereka cerdas, sehingga bisa memilih, menggabungkan metode yang paling optimal dan sesuai dengan kebutuhan negaranya.

Saya tidak akan menuliskan banyak disini, saya hanya membahas dari para pemula di batch 1. Di batch ini saya bisa bertemu anggota dari Bentang, editor buku konMari, saudara CEO Bentang yang ternyata ada di Bogor (satu daerah dengan saya, waht that's amazing!) dan beberapa anggota yang ternyata sudah berkonmari sejak lama. 

batch 1 kini sudah berpencar, mereka memasuki grup Wilayah masing-masing. Semoga semakin semangat menebar kekonmariannya bersama komunitas kita ya :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Launching Intensive Class

Batch 2 KonMari Indonesia