Cerita Kecilku

Berawal dari seringnya ditinggal diam sendiri, orangtua bercerai dan tidak memiliki saudara (jadi anak tunggal nih) maka sejak kecil aktifitas yang membuatku bahagia adalah : beberes rumah. Suka memindahkan barang kesana kemari, merapikan, membersihkan.

Hal itu berlanjut hingga masa sekolah, TK, SD, SMP, SMA bahkan ketika kuliah.
Ketika masih SD, saya sering merapikan rumah besar keluarga buyut. Pulang ke rumah biasanya membawa buku baru, makanan dan sangu (upah dari beberes).

Beberes seperti menjadi ruh keseharian. Namun ada juga kalanya rasa malas muncul karena setelah beberes sekian kali tetap saja orang-orang membuat berantakan. Segala yang tertata rapi dengan seenaknya mereka acak-acak tanpa dikembalikan seperti semula. Terkadang hal itu membuat saya 'mogok' dari aktifitas ini.

Selidik penuh selidik, saya orangnya visual. Maka masuk jurusan teknik kelautan dengan permulaan kuliah dengan menggambar teknik sangat cocok dengan tipe diri ini.

Lantas saking capenya beberes terkadang saya lupa tidak belajar semalaman ketika esoknya ujian. Ritual setiap hari : bisa belajar tenang dalam kondisi rapi, hingga tengah malam malah fokus berbenah hingga lupa materi yang akan diujikan. IPK pas-pasan.

Semua orang sepakat saya suka berbenah namun tidak pernah ada dukungan penuh untuk hal itu. Hasilnya hobi ini hanya bisa diturunkan ke segelintir adik kelas yang memang mau mengikuti jejak saya kala itu menjadi ketua / penanggungjawab kebersihan 5R di asrama. hanya itu.

Support terbaik itu akhirnya datang dari pasangan, setelah menikah kami memiliki sebuah persamaan : senang berbenah. Suami sering mengisi materi dan training 5R/5S di beberapa asrama, sekolah dan lembaga. 

Pada pertengahan tahun 2017 mendapat sebuah pencerahan metode konMari di kantornya. Membedah buku konMari dan mempresentasikannya. Maka pada bulan oktober kami berdua sepakat. Membuat komunitas ini. Konmari Indonesia. Websitenya : konmariindonesia.com (coming soon)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Launching Intensive Class

Hobi Mindahin Barang

Batch 1 KonMari Indonesia